221 Narapidana di Papua Dapat Remisi

detik com Sebanyak 221 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Anak Pidana di berbagai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan) dan PAS Militer Jayapura di Provinsi Papua, mendapat remisi khusus menyambut 1 Syawal 1438 Hijriah Tahun 2017.

“Remisi atau keringanan masa tahanan itu sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2012 dan PP Nomor 99 Tahun 2012,”ujar Kepala Divisi Pemasyaratan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua, Sarlotha Merahabia di ruang kerjanya, di Kota Jayapura.

Dikatakannya, remisi tersebut terdapat dua jenis yakni remisi khusus umum satu (RK1), pengurangan masa tahanan tetapi masih tetap menjalani sisa tahanan penjara, dan remisi khusus umum dua (RK2) langsung bebas atau tidak lagi menjalani hukuman.

Sarlotha Merahabia merinci dari 221 orang narapidana yang mendapat remisi khusus itu, untuk Lapas klas II A Abepura Jayapura, RK 1 sebanyak 53 orang, Lapas Narkotika di Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, RK 1 sebanyak 60 orang.

detik com Lapas Merauke, RK 1 berjumlah 36 orang dan RK2 sebanyak satu orang. Selanjutnya, Lapas Timika, narapidana yang menerima RK1 sebanyak 13 orang. Lapas Biak, RK 1 sebanyak 10 orang. Lapas Serui, warga binaan yang menerima RK 1 berjumlah 10 orang.

Lapas Nabire, total penerima RK 1 sebanyak 37 orang, RK2 satu orang, Lapas Wamena, RK1 sebanyak satu orang.

Sementara itu, Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Merah di Kabupaten Boven Digoel, tidak ada warga binaan yang menerima Remisi Khusus Lebaran dan untuk PAS Militer Jayapura RK1 sebanyak satu orang.

Ia mengatakan, jumlah keseluruhan penerima remisi di Sembilan Lapas dan satu Rutan di Papua sebanyak 221 orang. “Dari 221 orang itu napi yang langsung bebas murni satu orang dari Lapas Nabire yang mendapat remisi khusus dua (RK 2). Jadi mereka yang menerima remisi adalah mereka yang berkelakuan baik, selama berpuasa mereka berpuasa penuh, rajin salat, berkelakuan baik baik terhadap petugas maupun sesama narapidana,” kata Sarlotha

Para warga binaan ini dikurangi masa tahanannya karena dinilai berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman. “Penyerahan Surat Keputusan (SK) remisi akan dilakukan tepat pada 25 Juni 2017 setelah salat Id di Lapas dan diserahkan langsung oleh masing-masing Kepala Lembaga Pemasyarakatan,” katanya. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *