Dua Kali Unggul, Timnas Garuda Akhirnya Takluk dari Vietnam

Peluang Indonesia untuk menang di laga ini sebenarnya terbuka lebar setelah dua kali sempat unggul melalui gol Boas Solossa dan Irfan Bachdim di menit 52.
Sayang, keunggulan itu gagal dipertahankan setelah Cng Vinh L mencetak gol penyeimbang di menit 45 dan Cng Phng Nguyn di menit 71. Vietnam kemudian berbalik unggul lewat gol Vn Ton Nguyn di menit 83.
Kekalahan ini menghentikan catatan Indonesia yang belum terkalahkan dalam empat laga terakhirnya.
Sejak menit awal, Indonesia mendapat tekanan dari tuan rumah. Vietnam mampu melakukan penguasaan bola, meski tidak mudah untuk masuk area penalti Indonesia. Tidak ada peluang tercipta sepanjang 20 menit pertandingan.
Ancaman pertama Vietnam terjadi di menit 22 ketika sundulan Van Quyet masih menyamping di sisi kiri gawang Kurnia Meiga. Tujuh menit kemudian gantian Indonesia mendapatkan peluang melalui Irfan Bachdim yang sepakan kerasnya dari umpan Andik masih meleset.
Tertekan, Indonesia mampu memanfaatkan kelengahan Vietnam. Lewat serangan baik, Bachdim langsung berhadapan dengan dua pemain Vietnam. Dia langsung melakukan sepakan keras namun bisa ditepis. Bola liar kemudian berhasil disambar Boas. Skor 1-0 untuk Indonesia.
Vietnam nyaris menyamakan skor ketika tendangan kiri keras Van Quyet membentur tiang kiri Kurnia Meiga di menit 38. Vietnam berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 berkat gol Cng Vinh L di menit 44 lewat sundulan menyabut tendangan bebas. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.
Di babak kedua, permainan masih dikendalikan Vietnam. Indonesia kembali hanya mengandalkan serangan balik. Menit 51, Indonesia kembali unggul setelah Irfan Bachdim mencetak gol dari titik penalti. Hadiah penalti diberikan setelah tendangan Rizki Pora dari sisi kanan pertahanan Vietnam menyentuh tangan Truong Dinh Luat. Skor 2-1
Setelah itu Indonesia perlahan mulai bisa mengembangkan permainan. Percobaan tendangan dari luar kotak penalti berusaha dilakukan Bachdim dan Andik meski belum menemui sasaran.
Vietnam lalu terus memberikan tekanan. Sampai akhirnya, gawang Indonesia kembali jebol di menit 71 melalui Cong Phuong Nguyen. Kelengahan di lini belakang Indonesia mampu dimanfaatkan oleh Cong Puong dengan sebuah sontekan di dalam kotak meneruskan umpan dari Tanh Luong dari sisi kiri. Skor 2-2.
Vietnam yang tidak ingin dipermalukan suporternya terus memberikan tekanan. Sampai akhirnya lini belakang Indonesia yang lengah berhasil dimanfaatkan Vietnam. Menit 83 gawag Kurnia Meiga kembali jebol setelah sontekan Van Toan Nguyen ke sudut kiri gawang gagal dihalau. Skor 3-2 untuk Vietnam berakhir sampai laga berakhir.
Susunan Pemain
Vietnam: Tran Nguyen Manh (46 Linh Hyunh), Truong Dinh Luat, Dien Tien Thanh (46 Hai Que), Nguyen Trong Hoang, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet, Tran Dinh Dong, Vu Van Thanh, Dinh Tran Trung, Luong Xuan Truong, Nguyen Van Toan.
Indonesia: Kurnia Meiga H: Benny Wahyudi, M Abduh Lestaluhu, Fachruddin, Rudolof Y. Basna: Rizki Pora, Stefano Lilipaly, Andik Vermansyah, Evan Dinas (83 Bayu Pradana): Boas Solossa (Ferdinaand Sinaga), Irfan Bachdim.

Iman Rahman Cahyadi/CAH
BeritaSatu.com

amgicom-guatemala.org data togel Sumber: BeritaSatu