Guru SD Obama Akan Ikuti Acara Diaspora 1 Juli

liputan6 Fermina Katarina Sinaga yang pernah mengajar langsung Barack Obama saat kelas III di SD Katolik St Fransiskus Asisi Menteng Dalam sangat ingin bertemu dengan bekas muridnya tersebut. Mumpung Obama akan berada di Jakarta dan memberikan pidato di forum Diaspora pada Sabtu, 1 Juli, dia akan hadir di acara tersebut.

“Saya sudah minta tolong Mery agar bisa hadir di acara Diaspora di Kota Kasablanka Mall,” kata Fermina, Kamis (29/6/2017) malam.

liputan6 Mery, ia melanjutkan, merupakan salah satu panitia yang menghadirkan Presiden Barack Obama untuk berpidato di Balairung Universitas Indonesia, 11 November 2010. “Mudah-mudahan saya bisa sekadar say hello,” imbuh Fermina.

Ia berharap dalam kunjungan pribadi Obama kali ini dapat lebih leluasa karena sudah tak lagi menjadi Presiden yang punya aturan protokoler super ketat. Sayangnya, dua guru lain yang pernah mengajar Obama, yakni Israela Pareira (mengajar kelas satu) dan Cecilia Sugini (kelas dua) telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. “Yang pernah mengajar langsung Barry (di SD Asisi Obama tercatat dengan nama Barry Soetoro) tinggal saya,” ujar Fermina.

liputan6 Dalam buku Barack Obama The Story karya David Maraniss, Fermina mengungkapkan saat di kelas tiga Obama pernah menuliskan cita-citanya menjadi Presiden. Tulisan itu dibuat ketika Fermina meminta para muridnya menuliskan jati diri dan cita-cita mereka. Khusus Obama menulis nama ibunya sebagai sang idola dan menjadi Presiden sebagai cita-citanya.

“Ibu saya adalah idola saya. Rumah saya dekat sekolah, kalau ke sekolah saya jalan kaki diantar Mama, pulangnya sendiri. Cita-cita saya ingin jadi Presiden. Saya suka jalan-jalan keliling Indonesia. Sudah, selesaaai. Done. The eeeend.”

Hal lain yang dikenangnya dari Obama adalah kepiawaiannya bermain kasti. Bertubuh lebih tinggi dibandingkan dengan teman-teman sekelasnya membuat dia terlihat mudah setiap kali memukul bola. “Dia juga berlari lebih cepat disbanding teman-temannya setiap setelah memukul bola,” ujar Fermina. liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *