Naik 7%, Penumpang KA Angkutan Lebaran 5,8 Juta

pt solid gold berjangka PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang kereta api (KA) sebanyak 5,8 juta orang selama masa angkutan Lebaran 2017. Jumlah tersebut naik 7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sejumlah 5,4 juta penumpang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, masa angkutan Lebaran 2017 berlangsung selama 22 hari sejak 15 Juni-6 Juli 2017 atau H-10 sampai H+10. Semula, masa angkutan Lebaran itu dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemhub) berlangsung sejak H-10 sampai H+15.

“Jadi karena keputusan Menteri Perhubungan, maka masa angkutannya dipersingkat. Secara keseluruhan, masa angkutan kali ini berlangsung sukses tidak terjadi hal yang luar biasa. Sedangkan, jumlah penumpang tercatat naik 7 persen dibandingkan tahun lalu,” jelas Edi di Jakarta, Jumat (14/7). pt solid gold berjangka

Sementara kapasitas kursi yang tersedia sebanyak 228.158 kursi per hari selama masa angkutan Lebaran 2017. Angka ini meningkat 4,96 persen dari masa angkutan Lebaran tahun lalu. Menurut Edi, pertumbuhan jumlah penumpang yang lebih besar dari pertumbuhan kapasitas itu sebenarnya memang bisa terjadi.

“Jangan terkecoh dengan angka tersedianya bangku. Seat yang ada itu per hari 228 ribuan kursi. Tapi ini ada penumpang yang dinamis. Misalnya kereta Jakarta-Surabaya ada yang turun dan naik di Cirebon,” sebut Edi.

Dari aspek sarana, KAI menyiagakan total 379 perjalanan KA per hari selama masa angkutan Lebaran 2017 yang terdiri dari 333 perjalanan KA reguler dan 46 perjalanan KA tambahan. Selain itu, PT KAI mengoperasikan enam trainset KA premium yang baru saja selesai diproduksi oleh PT Inka. “KA premium dengan fasilitas yang lebih nyaman ini langsung dioperasikan untuk mendukung angkutan Lebaran 2017,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *